Wednesday, September 29, 2010

Citizen Jurnalisme


Apa itu Citizen Jurnalisme(Jurnalisme Warga)? Mungkin masyarakat awam kurang mengerti tentang istilah ini, tapi sebagai mahasiswa komunikasi paling tidak kita mengerti apa yang di maksud dengan Citizen Jurnalisme. Menurut saya, setelah menganlisisi tentang Citizen Jurnalisme dari buku yang sudah saya baca dan ditambah oleh sedikit pengetahuan yang saya miliki, Citizen Jurnalisme sendiri adalah suatu istilah dimana masyarakat ikut terlibat dalam menyiarkan berita atau informasi yang didapat melalui media-media online seperti Facebook, Twitter, Blog, dll. Masyarakat seolah-olah menjadi seorang “wartawan” atau jurnalis. Dalam hal ini, kenyataan membuktikan bahwa peluang untuk menjadi terkenal sangat terbuka bagi siapa pun. Karena kita dapat mengumpulkan dan melaporkan berita dalam bentuk forum atau pun jejaring sosial kapan pun dan dimana pun kita berada. Dan dengan kita sadari atau pun tidak, berita-berita yang kita informasikan dapat menarik banyak pihak untuk membaca, terlebih jika berita itu masih baru dan dikemas dengan kreatif. Hal inilah yang sebenarnya memberikan peluang untuk kita menjadi terkenal.
Tantangan untuk media utama dalam hal ini sebenarnya adalah karena belum banyak media-media utama yang membuka rubik Citizen Jurnalisme di medianya. Hal ini sangat disayangkan, karena membuat kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bagaimana menulis atau mengungkapkan suatu informasi yang didapat secara kreatif dan tidak menyalahi kode etik menulis berita yang sebenarnya. Jadi sangat wajar, jika banyak Citizen Jurnalisme yang menuangkan informasinya dengan prinsip asal tulis tanpa menghiraukan bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar. Tetapi sebenarnya hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku Citizen Jurnalisme, dimana seharusnya mereka mencoba untuk selalu menjadi lebih baik dengan mematuhi kode etik jurnalisme. Paling tidak mereka bisa atau mengerti batasan mana saja yang tidak boleh mereka lampaui. Karena mereka sadar bahwa Citizen Jurnalisme tidak memiliki editor yang akan menyempurnakan informasi yang mereka ungkapkan. Karena salah sedikit saja mereka menulis atau menyampaikan informasi ke media, dapat memberikan dampak buruk pada diri mereka sendiri.
Untuk hal positif yang bisa kita ambil dari Citizen Jurnalisme sendiri adalah mempunyai sifat yang partisipatif. Yaitu, siapa saja bebas memilih dan mendapatkan berita apa saja yang mereka butuhkan. Termasuk mereka juga dapat menyanggah, menambahkan, bahkan melengkapi setiap informasi yang mereka dapatkan, jika mereka merasa bahwa informasi tersebut masih kurang lengkap atau salah. Dan hal positif  berikutnya yang menyangkut Citizen Jurnalisme adalah sifatnya yang selalu fresh. Maksud dari kata fresh disini adalah informasi yang disampaikan selalu baru dan masih hangat-hangatnya dibicarakan. Sifat lain dari Citizen Jurnalisme adalah berita yang didapat selalu lebih cepat. Karena setiap berita yang di tulis di Citizen Jurnalisme tidak melalui proses editing, seperti layaknya berita yang kita baca, lihat atau dengarkan dimedia-media massa biasanya. Jadi informasi yang kita dapatkan bisa langsung kita sharing-kan. Dan juga sebenarnya Citizen Jurnalisme membantu masyarakat untuk tau hal sekecil apa pun yang terjadi disekeliling mereka, yang mungkin luput dari perhatian wartawan. Karena sebenarnya wartawan pun tidak selalu tau semua informasi yang ada disuatu lingkungan. Citizen Jurnalisme sendiri dapat menjadi sumber informasi yang bisa dimanfaatkan perusahaan atau pemerintah untuk tau apa mau rakyat saat ini disamping melalui wartawan yang juga bertugas sebagai penyalur aspirasi masyarakat.
Selain itu, satu hal positif yang bisa kita lihat lagi dalam Citizen Jurnalisme  adalah dapat membantu masyarakat untuk mengali bakat jurnalistik yang mungkin terpendam dalam diri mereka. Karena dalam hal ini, mungkin tanpa mereka sadari mereka berlomba-lomba mengeluarkan bakat mereka lewat ide menuliskan informasi yang mereka dapatkan di forum-forum dan jejaring social dengan sekreatif dan seunik mungkin supaya menarik banyak pihak untuk membaca bahkan mengomentari berita yang mereka buat.
Ada hal positif juga pasti ada hal negatif. Hal negatif yang bisa kita lihat dalam Citizen Jurnalisme  adalah berita-berita yang kita dapat dari Citizen Jurnalisme adalah berita yang tidak kita ketahui kepastian benar atau tidaknya berita tersebut. Tidak ada yang akan bertanggung jawab akan berita yang tersiar. Dan Citizen Jurnalisme sendiri tidak memiliki profesionalisme layaknya jurnalistik yang sebenarnya. Karena seperti yang sudah kita ketahui diatas bahwa setiap berita yang kita dapat dari Citizen Jurnalisme adalah berita yang ditulis tanpa melalui proses editing yang sesuai kode etik jurnalistik yang seharusnya. Bahasa-bahasa yang digunakan pun tidak dapat dipastikan bahwa bahasa-bahasa tersebut adalah pemilihan bahasa yang baik dan benar. Jadi sebenarnya Citizen Jurnalisme dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak diungkapkan atau dituliskan secara sopan dengan pemilihan bahasa yang benar.
Bisa kita lihat dari analisis tentang Citizen Jurnalisme berikut adalah banyak hal positif yang bisa kita pelajari dan kita dapatkan dari Citizen Jurnalisme  tapi juga ada dampak negatif jika kita tidak menjalankan Citizen Jurnalisme dengan baik dan benar.

No comments:

Post a Comment